Cara install VirtualBox Guest Additions di Fedora 21 Alpha

Fedora 21 sudah tersedia, meski masih dalam tahap Alpha release. Kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara install Virtualbox Guest Additions di Fedora 21 Alpha. Guest Additions ini diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja guest machine dalam sebuah sistem VirtualBox. 

Sebelum melakukan install Guest Additions di Fedora 21, kita harus menginstall beberapa paket dan juga mengupdate Kernel di Fedora 21. Jalankan perintah berikut di Terminal.

su
yum update kernel*
yum install gcc kernel-headers kernel-devel dkms

Kemudian reboot Fedora 21 ketika selesai instalasi paket diatas. Setelah reboot kita bisa mulai install Guest Additions di Fedora 21. Caranya, klik Devices | Insert Guest Additions CD Image. Seharusnya, Guest Additions CD Image akan otomatis di mount oleh Fedora 21 dan tinggal tekan Run untuk memulai proses instalasi.

Jika tidak, buka Files dan klik VBOXADDITIONS_xxxx sehingga muncul isi dari Guest Additions tersebut seperti gambar berikut

Klik Run Software di pojok kanan atas Files. Anda akan diminta untuk memasukkan root password. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika tidak ada error, maka instalasi VirtualBox Guest Additions di Fedora 21 anda sudah selesai. Fitur full screen, seamless mode sekarang seharusnya aktif dan bisa digunakan. Selamat mencoba.