Cara install Timeshift 1.6.2, system backup dan restore di Fedora 20

Timeshift merupakan sebuah aplikasi backup and restore untuk Linux dengan beragam keunggulan dan kemudahan. Aplikasi Timeshift ini datang dengan tampilan GUI yang cukup sederhana sehingga mudah digunakan untuk siapa saja. Lalu apa saja fungsi Timeshift ini?

Berikut ini beberapa fungsi Timeshift:

  • Backup system Linux. Timeshift dapat digunakan untuk melakukan snapshot kondisi sistem saat ini (seperti System Restore di Windows) yang kemudian snapshot tersebut dapat anda restore kapan saja anda mau misalnya ketika Linux anda bermasalah.
  • Cloning system. Timeshift 1.6.2 datang dengan sebuah fitur baru yaitu Cloning system. Dengan menu ini anda dapat meng-klon atau meng-copy system Linux anda ke hard disk lain. Kemudian hard disk tersebut dapat anda gunakan untuk boot komputer anda. Sehingga anda memiliki 2 komputer dengan OS dan setting yang sama persis.
  • Untuk informasi selengkapnya tentang Timeshift, silahkan kunjungi laman berikut.

Bagi anda pengguna Fedora 20, anda dapat dengan mudah menginstall Timeshift di Fedora 20. Versi terbaru Timeshift 1.6.2 sudah saya coba di Fedora 20 dan dapat berjalan dengan lancar. Berikut cara install Timeshift 1.6.2 di Fedora 20.

A. Download Timeshift 1.6.2 untuk Fedora

timeshift-latest-i386.run (32-bit, 170 KB)
timeshift-latest-amd64.run (64-bit, 180 KB)

B. Install Timeshift 1.6.2

Untuk menginstall, jalankan perintah berikut di Terminal

./timeshift-latest-i386.run

atau

./timeshift-latest-amd64.run

timeshift fedora 20